Monday, January 23, 2006

Usia Sekolah

Taman Kanak Kanak Mustopo
jalan Dago, Bandung (1962 - 1964)


Kalo ada yang belum pernah kenal wajah beliau , ini Pak Mustoponya, yang duduk itu istrinya, dan 2 lagi itu bu Guru Taman Kanak2nya, 40 tahun yang silam.....
Pada jaman itu, usia sekolah taman kanak2 adalah 4 dan 5 tahun, lalu SDnya harus 6 sampai 7 tahun.
Awal sekolah saya di Taman Kanak2 Dr Mustopo di jalan Dago Bandung. Disini juga ada sekolah sampe SD, tapi SD saya ditempat lain. Sekolah disini ini adalah cikal bakal universitas Mustopo yang sohor itu......



Nah ini teman seangkatan saya, lagi jam istirahat, semua membawa bekal dari rumah. Kalau dulu wajib hukumnya bawa bekal dari rumah dan dimakan sama2 dimeja ini.
Mudah2an paling engga satu aja teman yang duduk disini lihat nih foto, atau paling engga anaknya yang lihat, wah kalau iya kontak saya ya ? (BERHARAP - mode on)

Kalau jam istirahat abis makan bekal kita mainnya ya disini ini, lumayan apik koq buat jaman itu play ground nya.




Si Bapak yang punya sekolah ini memang gitu, kecil2 juga kalau Senin mah, harus upacara ala anak2 TK. Kalau dulu kan, yang punya sekolah bisa merangkap kepala sekolah dan juga guru.....Belum ada pakem yang jelas.

Masih inget saya, yang jadi ukuran yang biasa digunakan untuk tau apakah anak ini sudah layak masuk SD atau engga, dengan meletakkan tangan kanan keatas kepala, kalau ujung jari bisa menyentuh kuping kiri berarti anak itu sudah boleh masuk sekolah SD.
Entah kenapa, tangan saya gak kena2 ke kuping kiri padahal waktu itu, sudah umurnya masuk SD,teman seumuran saya udah boleh masuk SD, lho kok saya belum boleh....maka saya pindah sekolah ke SD Merdeka 5 Bandung.....Dan boleh masuk SD.....



Suatu saat kami gelar seni di Gedung Gelora Bandung, Judulnya Bhinneka Tunggal Ika. Masih inget betul lagunya yang dipake adalah Ibu Pertiwi, dan yang ditengah itu Uma jadi Ibu Pertiwinya, gak ngerti apa maksudnya.....
Pak Mustopo ini kan terkenal sekali sangat Pancasilais.


Acara terakhir sebagai penutup, ada si kecil centil menari balet2an PITAKU BIRU, dengan seriusnya dia menari, sampe gak sempet senyum.....
Judul tarian ini, diambil dari lagu tsb dan memang diiringi lagu Pitaku Biru, kalau gak salah lagu ini karangan Bu Kasur atau Pak Kasur deh.
Lihatlah pitaku yang baru ini....( selanjutnya lupa liriknya, masih ada yang tau lagu ini ?....gak optimis ada yang tau..... hare gene.....)

0 Comments:

Post a Comment

<< Home